Jumat, 22 Maret 2013

Makalah Perkembangan Komputer



MAKALAH
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER


 



















Disusun Oleh :
KETUA               : YELVA
SEKRETRIS      : IIN
ANGGOTA
Ø ANDRI M.
Ø ASPUR
Ø ENTRI
Ø JEFRI
KELAS : X. B



SMA PGRI WALENRANG
TA. 2012/2013




KATA PENGANTAR


Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT ,serta sholawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas Pengantar Teknologi Informasi dengan judul Perkembangan Komputer.
Adapun penulisan makalah ini dapat terselesaikan berkat bantuan dari segala pihak yang membantu terselesaikannya makalah ini.
Maka dari itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1. Ibu Hasmia selaku Pembimbing kami
2. Kedua Orang tua kami  .
3. Rekan se-profesi yang membantu dan memberikan informasi dalam penyusunan makalah ini.
4. Semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan, maka dari itu penulis mengharapkan sumbangan pikiran, pendapat serta saran – saran yang berguna demi penyempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca.
Padang, 22 Oktober 2012

Penulis









BAB I
PENDAHULUAN
I.              Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat " Zaman Batu " teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan.
Teknologi informasi yang hampir di temukan dimana saja adalah computer, dirumah, dikafe, disekolah, dan dimana saja. Sedangkan model dan design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan.
Komputer yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Awal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak ditemukanya Abacus di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu sebagai alat perhitungan pertama. Pada periode selanjutnya banyak ditemukan alat hitung mekanikal seperti Pascaline oleh Blaine Pascal tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles Babbage tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan system ajabar Boolean.
II. Tujuan
1. Untuk mengetahui perkembangan teknologi dari pertama ditemukan sampai sekarang.
2. Meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi khususnya computer.
3. Untuk mengetahui jenis computer yang lebih canggih dan memiliki mutu yang tinggi yang dapat dimanfaatkan dengan efektif dan efisien.
4. Memajukan daya pikir manusia agar menciptakan pola pikir inovatif dan kreatif.
5. Agar manusia mampu untuk menghasilkan computer yang lebih canggih dari yang telah pernah ada.
6. Agar masyarakat Indonesia tidak ketinggalan dari negara yang lebih berkembang pada saat sekarang.
7. Dengan mengetahui perkembangan computer, maka masyarakat Indonesia telah mampu untuk berkompetitif secara sehat untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bermutu.
8. Untuk mengetahui sesuatu hal atau objek yang dahulunya tidak diketahui . dan dengan adanya computer maka hal tersebut dapat diketahui.
























BAB II
PEMBAHASAN
I. Proses Perkembangan Komputer
Perkembangan teknologi komputer di bagi atas empat generasi berdasarkan komponen yang digunakannya, mulai dari yang berukuran “big” hingga mikro yang sejalan juga dengan kerumitan komponennya.
A) Generasi Pertama
Karakteristik komputer pada genertasi pertama berawal tahun 1942 hingga tahun 1959 ditandai dengan ukurannya yang hampir sebesar kamar tidur atau disebut Computer Dinosaurus, eperti Z3, Colossus, ENIAC, EDVAC, EDSAC, UNIVAC I. Mengunakan tube vakum dengan jumlah yang amat banyak untuk menyimpan dan memproses perintah, memakan tenaga listrik ribuan watt, menggunakan bahasa mesin dan hanya dapat digunakan oleh orang yang terlatih. Jadi, orang awam tidak akan dapat menggunakannya sehingga komputer jenis ini belum dikomersialisasikan ke khalayak ramai. Ciri ciri komputer pada generasi pertama adalah sebagai berikut :
1. Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube)
2. Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language) menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
3. Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL
· Sifat-sifatnya:
o Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas
o banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
o Prosesnya relatif lambat dan kapasitas penyimpan data kecil.

B) Generasi Kedua
Pada generasi ini digunakan transistor dan dioda sebagai pengganti dari tube vakum sehingga sizenya lebih kecil. Penggunaan memori inti magnetik yang berfungsi menyimpan data, serta mengganti bahasa mesin dengan bahasa assembly (Fortran dan Cobol) memudahkan pengoperasiannya.Komputer generasi kedua ini muncul pada era 1960-an, banyak di gunakan di berbagai perusahaan khususnya bidang bisnis,contohnya yaitu Stretch, LARC, DEC PDP-8, IBM 1401, IBM 7090 dan IBM 7094. Pada era ini juga manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sitem operasi.
Ciri ciri komputer generasi kedua adalah sebagai berikut :
a) Komponen elektronikanya dari Transistor
b) Program dibuat dengan Assembly Language, Commo Business- Oriented Language (COBOL) danFormulaTranslator (FORTRAN) dan ALGOL
c) Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR
· Sifat-sifatnya:
1. Ukurannya relatif kecil dan tidak banyak mengeluarkan panas
2. Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk untuk
3. Mulai mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai kokmputer secara bersama-sama)
4. Proses relatif lebih cepat
5. Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar

C) Generasi Ketiga
Era 1965-1971-an komunikasi komputer mulai menapakkan kakinya pada momentum ini. Sebagian besar perusahaan-perusahaan besar menerapkan sistem on-line dengan menggunakan terminal jarak jauh dalam pemakaian komputer (baca : on-line). Di tahun 1958 di tenemukan IC (Integrated Circuit) oleh Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument sebagai komponen komputer. Karena kelebihannya dalam menyatukan berbagai komponen-komponen dalam suatu chip tunggal sehingga komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan kinerja yang dihasilkan, bahkan semakin meningkatkan kinerjanya. Pada bagian software, teknik-teknik pemrograman jamak (Multi Programming) mulai dikembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa pemrograman yang ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360adalah beberapa contoh komputer pada generasi ini.
Ciri ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
1. Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
2. Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
3. Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan
4. Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
· Sifat-sifatnya:
1. Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
2. Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
3. Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
4. Prosesnya sangat cepat
5. Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
· Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR
· Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.
Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim.
D) Generasi Keempat
Seiring dengan lajunya waktu perkembangan komputer sebagai alat pemrosesan data semakin meningkat pesat terutama pada generasi ini. Kecepatannya yang semakin bertambah berbanding terbalik dengan ukurannya yang semakin kecil dengan didukung oleh kemampuan memori yang lebih besar. Harganya pun semakin murah disebabkan oleh karena komponen-komponennya telah diproduksi dan dijual secara missal. Pada periode ini berbagai IC disatukan menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang disebut dengan VLSI (Very Large Scale IC). Penggunaan perangkat lunak yang semakin mudah dan berkembang mulai diterapkan pada komputer-komputer rumahan, seperti word processing dan spreadsheet. Jaringan internet pun makin luas yang dahulunya hanya dinikmati oleh kelompok-kelompok elite kini sudah bisa digunakan juga oleh masyarakat awam. Penggunaan mikroprosessor kini tidak mutlak lagi digunakan hanya pada komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk elektronik lainnya, seperti televisi dan microwave. Melihat perkembangan dunia komputer yang tingkat pertumbuhannya sangat tinggi mulai dari generasi awal hingga sekarang ini dapat kita prediksikan bagaimana karakteristik komputer pada generasi mendatang. Mungkin saja, komputer nantinya tidak harus terus didikte oleh manusia tetapi ia sudah dapat melakukan segala sesuatunya sendiri. Boleh dikata kemampuannya sudah menyerupai kepandaian manusia. Kemampuan seperti itu (Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence) kini aktif diteliti oleh negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.


















BAB III
PENUTUP
I.              Kesimpulan
Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
Oleh karena itu, kata dasar komputer berasal dari kata “compute” yang berarti menghitung dengan kata lain komputer berati alat penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasannya logika matematikanya yang sangat sepesial membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun computer selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan computer dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan computer maka hanya bisadikantor atau dirumah, kalau sekarang mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka inginkan.
II.            Saran
Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan adanya teknologi computer dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.
Kemajuan computer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.



















Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar