Jumat, 22 Maret 2013

Makalah MYOB



BAB. I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

MYOB Accounting adalah program yang sudah terintegrasi dan sesuai dengan kondisi bisnis di Indonesia, program ini merupakan program kelas dunia dibuat berdasarkan riset dan pengembangan tim professional. Yang telah menjalani uji kelayakan dalam waktu relative lama, dengan dukungan support system yang baik sekali sampai saat ini banyak perusahaan dan universitas yang telah mengimplementasikan program MYOB ini untuk system informasi pada laporan terakhir telah tercatat 500 ribu lebih perusahaan didunia yang telah menggunakan program ini di Olimpiade akuntansi SMK se Indonesia untuk materi computer akuntansi secara resmi menggunakan program MYOB Accounting ini.

B.     Petunjuk Mempelajari dan Implementasi
Modul dan CD Tutorial disusun dengan maksud untuk memberikan latihan bagi siswa (Khususnya SMKN 3 Kota Bekasi) maupun pengguna lain yang ingin mengimplementasikan dalam bisnis mereka. Dengan dukungan CD Tutorial agar para pengguna dapat melihat langkah demi langkah seakan dibimbing langsung oleh seorang trainer dengan pendekatan studi kasus.
Dalam Tutorial ini Anda seolah-olah dibawa ke dalam sebuah perusahaan dan ditugaskan untuk menyelenggarakan pemasukan data yang terjadi selama satu bulan dan menyusun laporan keuangan pada akhir bulan tersebut.
Modul ini terdiri dari bagian : Informasi Umum, Kebijakan Akuntansi, Kode Rekening serta Akun-Akun yang dipakai, saldo awal Akun-Akun, Daftar Nama Supplier dan Saldo awal Hutang Dagang, Daftar nama Customer dan Saldo Awal Piutang Dagang, Daftar nama Karyawan dan Saldo Persedian, Modul ini juga dilengkapi dengan bukti –bukti transaksi yang dijadikan dasar untuk melaksanakan pencatatan atau pemasukan data yang terdiri dari :

1.      Faktur Pembelian, Bukti ini digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang.
2.      Faktur Penjualan (yaitu tembusan faktur penjualan yang diterima oleh bagian akuntasi sebagai dasar untuk mencatat transaksi Penjualan)
3.      Bukti Kas masuk (nama lain dari bukti penerimaan kas)
4.      Bukti Kas keluar (nama lain dari bukti pengeluaran kas)
5.      Bukti Memorial
Jalan menuju sukses selalu dalam pelaksanaan
Persiapan Aplikasi Akuntasi dengan MYOB
☺ Persiapan aplikasi data akuntansi perusahaan, data Supplier dan Customer beserta saldo awalnya, daftar saldo awal persediaan barang dan data saldo awal akun-akun lain.
☺ Tentukan jenis perusahaan guna pembuatan data akuntansai perusahaan.
☺ Buat data akuntansi perusahaan dengan fasilitas MYOB.
☺ Buat data edit nomor, nama dan jumlah akun sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
☺ Susun akun yang saling terkait (Linked Accounts).
☺ Mencatat dan Item Barang yang diperdagangkan dan catat saldo awal persediaan masing-masing Item Barang.
☺ Catat data Customer beserta saldo awal Piutang Dagang masing-masing Customer, Data Supplier beserta saldo Hutang Dagang untuk masing-masing Supplier.
☺ Tentukan dan catat tariff pajak kedalam table pajak.
☺ Bila informasi yang diperlukan telah dicatat dengan benar buat data cadangan (back up) data akuntansi tersebut.
☺ Catat transaksi perusahaan sesuai dengan fungsi mudul dalam MYOB.
☺ Lakukan proses tutup buku di akhir periode akuntansi. By : Risdiana
Sekilas tentang MYOB Accounting
MYOB Accounting merupakan Software Akuntansi terpadu berbasis Window dari MYOB Limited yang telah dikembangkan di beberapa Negara dengan berbagai versi.
Software tersebut sangat cocok diterapkan untuk kondisi bisnis di Indonesia pada skala perusahaan kecil dan menengah. Sampai saat ini telah banyak perusahaan yang telah mengimplementasikan program MYOB ini pada perusahaan mereka. MYOB Accounting merupakan paket program computer untuk olah data Akuntasi yang dibuat secara terpadu (Integrated Software). Program dibuat oleh MYOB Limited Australia, selanjutnya software ini telah dipakai dan dikembangkan dibeberapa Negara antara lain : Amerika, Kanada, dan Selandia Baru. MYOB Accounting mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan software sejenis, diantaranya :

 Mudah digunakan (User Friendly).

 Mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang computer.

 Cocok untuk situasi dan kondisi bisnis di Indonesia.

 Jumlah digit untuk pencatatan transaksi hingga ratusan milyar rupiah, angka yang jarang dimiliki oleh software akuntansi kelas dunia.

 Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat.

 Terdiri dari 155 jenis laporan keuangan dibuat secara otomatis, meliputi : Neraca Saldo, Neraca laporan Laba Rugi, laporan Pembelian dan Penjualan, Daftar umur piutang, Jurnal transaksi, Persediaan barang dan sebagainya sesuai dengan Strandar Akuntansi.

 Dilengkapi dengan fasilitas untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layer computer atau dicetak ke printer.

 Dilengkapi dengan system Security berupa Password yang dapat ditentukan dalam beberapa level.

 Laporan keuangan dapat diaktifkan dengan Microsoft Excel dan Microsoft Word tenpa melalui proses Export – Import.

 Menyajikan Laporan keuangan Komparasi baik Neraca, laporan Laba Rugi maupun penjualan dengan data histories bulan lalu atau tahun sebelumnya.
By : Risdiana
ALUR AKUNTASI
Jurnal
Bukti
Transaksi
Posting
Buku
Besar
Neraca
Saldo
Jurnal
Penyesuaian
Laporan
Keuangan
Arus Kas
Laba/Rugi
Neraca
Fungsi-Fungsi Modul MYOB
Account
Fasilitas ini digunakan untuk mengubah atau mencatat data awal perusahaan berupa nomor akun beserta saldonya, mencatat transaksi proses jurnal dan sebagainya. By : Risdiana
Account List
Melalui Account dengan daftar Account default kita dapat mengganti nama, nomor dan mengisi saldo akun.
Kelompok Akun
Pada MYOB pencatatan nomor akun dikelompokkan sebagai berikut.
Asset (Aktiva) Diawali dengan No akun 1
Liability (Hutang) Diawali dengan No akun 2
Equity (Modal) Diawali dengan No akun 3
Income (Pendapatan) Diawali dengan No akun 4
Cost of Sales (HPP) Diawali dengan No akun 5
Expence (Biaya) Diawali dengan No akun 6
Other Income (Pendapatan Lain) Diawali dengan No akun 8
Other Expence (Biaya-Biaya Lain) Diawali dengan No akun 9 By : Risdiana
Gambaran Skematis :
Aktiva Lancar
1-1000
Aktiva
1-0000
Hutang
2-0000
Kas & Bank
1-1100
Ekuitas
3-0000
Pendapatan
4-0000
BRI
1-11300
BCA
1-11400
Akun
HPP
5-0000
Biaya
6-0000
Pend Lain
8-0000
Biaya Lain
9-0000
Nomor akun maksimal ditulis dalam 5 (lima) digit angka dan mempunyai struktur sampai dengan 4 (empat) tingkat (Level) By : Risdiana
Akun juga dikelompokkan dalam 2 (dua) tipe-tipe yaitu :

Header

Merupakan rekening induk yang masih memiliki sub-akun lagi dibawahnya.

Detail

Akun tipe ini sudah tidak mempunyai sub-rekening lagi.
Akun tipe Detai dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu : Detail dan Detail Cheque. Pada akun tipe Detail Cheque inilah digunakan untuk mencatat penerimaan maupun pengeluaran transaksi Piutang dan Hutang Dagang.
Hasil dari Pengemlompokkan dapat dilihat pada table sebagai berikut :
Nama AkunTipeLevel 1Level 2Level 3Level 4Aktiva√HeaderAktiva Lancar√HeaderKas & Bank√HeaderKas Harian√Detai ChequeBCA√Detai ChequeBRI√Detai ChequeNomor Akun
Banking
♪ Menu Banking digunakan untuk mencatat transaksi yang dilakukan dengan menggunakan cek atau kartu kredit sehingga menyebabkan perubahan saldo pada rekening bank atau hutang. Transaksi meliputi pengeluaran cek, Deposito rekonsiliasi catatan perusahaan dan catatan Bank, electronic payment, jurnal transaksi dan cash flow By : Risdiana
♪ Spend Money digunakan untuk menulis cek yang dikeluarkan oleh perusahaan sehubungan dengan transaksi yang terjadi :
Sukses tidak dating kepada anda, anda dating kepadanya

1. Pembelian bahan habis pakai

2. Pembayaran gaji karyawan

3. Piutang (pinjaman karyawan)

4. Pembelian dan aktiva

Sales
◘ Menu sales digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang atau jasa, mencetak bukti transaksinya, retur penjualan dan penerimaan yang berhubungan dengan penjualan tersebut. Pada pemprosesan data dengan menu ini hamper sama dengan mengisi faktur penjualan dalam praktek akuntansi secara manual.
◘ Enter Sales digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang-barang atau jasa yaitu :

1. Penerimaan pemesanan barang (PO) dari pelanggan

2. Pengiriman barang atau penjualan kepada pelanggan baik secara tunai maupun kredit

3. Retur penjualan

4. Penjualan jasa

◘ Receive Payments sales digunakan untuk mencatat penerimaan dari pelanggan yang disebabkan transaksi penjualan kredit atau uang muka untuk transaksi berikutnya
Retur (Pengembalian) dari Pelanggan
Pada transak Retur (pengembalian) barang yang telah dibeli oleh Customer (pelanggan) dengan cara dari icon Sales di menu Enter Sales
Pada ship diisi dengan angka negative sesuai dengan jumlah yang dikembalikan serta nama barangnya pada Description, untuk Price dan total akan secara otomatis akan terisi dengan tanda kurung. By : Risdiana
Retur (Pengembalian) ke Pemasok
Untuk transaksi Retur (pengembalian) barang yang telah dibeli oleh perusahaan dari Supplier (pemasok) yaitu melalui icon Purchases dan membuka menu Enter Purchases.
Pada Received di isi dengan angka negative sesuai dengan jumlah yang dikembalikan serta nama barangnya pada Description, untuk Price dan total akan secara otomatis akan terisi dengan tanda kurung.
Purchases
Menu ini digunakan untuk mencatat pemesanan (Purchase order), pembelian atau penerimaan, pengembalian barang kepada Supplier dan mencetak bukti transaksi serta pengeluaran yang berhubungan dengan pembelian barang atau bahan.
♠ Enter Purchase digunakan untuk pencatatan transaksi pembelian barang yang tercantum dalam Inventory, pencatatannya antara lain :

1. Pemesanan Barang (PO) kepada Supplier

2. Penerimaan barang atau pembelian barang daari Supplier baik secara tunai maupun kredit.

3. Retur pembelian

♠ Pay Bills digunakan untuk mencatat pengeluaran kepada Supplier yang disebabkan transaksi pembelian kredit atau uang muka untuk transaksi berikutnya
Inventory
Ω Menu Inventory digunakan untuk mencatat informasi yang berhubungan dengan barang yang diperdagangkan, fungsi menu ini hamper sama dengan kartu persediaan pada akuntansi manual. By : Risdiana
Ω Items List digunakan untuk mencatat barang atau jasa yang diperdagangkan
meliputi :

1. Mencatat barang yang dibeli perusahaan dengan tujuan dijual kembali dan nilai barang dicatat dalam persediaan.

2. Mencatat pembelian dan penjualan tetapi barang tersebut tidak dicatat dalam persediaan.

3. Mencatat pembelian barang yang hanya digunakan untuk keperluan kantor.

4. Mencatat barang hasil proses penggabungan.

5. Mencatat barang berupa komponen untuk membuat suatu produk baru.

6. Mencatat jenis jasa yang ditawarkan.

Ω Count Inventory digunakan untuk mencatat jumlah barang hasil perhitungan fisik (stok opname) yang akan dibandingkan dengan catatan perhitungan computer.
Ω Adjust Inventory digunakan untuk mencatat penyesuaian persediaan apabila ada perbedaan antara perhitungan fisik (stock opname dengan pencatatan computer, dapat juga digunakan untuk pencatatan saldo awal barang.
Ω Transfer Inventory digunakan untuk menggabungkan beberapa jenis komponen menjadi satu unit barang baru.
Card File
Menu Card file berfungsi sebagai kartu yang digunakan untuk mencatat data atau informasi Customer (pelanggan), Supplier (pemasok) dan karyawan (Employe) dan data Personal yang meliputi nama, alamt dan data lainnya
Missal : Gaji, Kartu Hutang, KartuPiutang.

1 komentar: