BAB. I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
MYOB Accounting adalah program yang sudah
terintegrasi dan sesuai dengan kondisi bisnis di Indonesia, program ini
merupakan program kelas dunia dibuat berdasarkan riset dan pengembangan tim
professional. Yang telah menjalani uji kelayakan dalam waktu relative lama,
dengan dukungan support system yang baik sekali sampai saat ini banyak
perusahaan dan universitas yang telah mengimplementasikan program MYOB ini
untuk system informasi pada laporan terakhir telah tercatat 500 ribu lebih
perusahaan didunia yang telah menggunakan program ini di Olimpiade akuntansi
SMK se Indonesia untuk materi computer akuntansi secara resmi menggunakan
program MYOB Accounting ini.
B.
Petunjuk
Mempelajari dan Implementasi
Modul dan CD Tutorial disusun
dengan maksud untuk memberikan latihan bagi siswa (Khususnya SMKN 3 Kota
Bekasi) maupun pengguna lain yang ingin mengimplementasikan dalam bisnis
mereka. Dengan dukungan CD Tutorial agar para pengguna dapat melihat langkah
demi langkah seakan dibimbing langsung oleh seorang trainer dengan pendekatan
studi kasus.
Dalam Tutorial ini Anda
seolah-olah dibawa ke dalam sebuah perusahaan dan ditugaskan untuk
menyelenggarakan pemasukan data yang terjadi selama satu bulan dan menyusun
laporan keuangan pada akhir bulan tersebut.
Modul ini terdiri dari bagian :
Informasi Umum, Kebijakan Akuntansi, Kode Rekening serta Akun-Akun yang
dipakai, saldo awal Akun-Akun, Daftar Nama Supplier dan Saldo awal Hutang
Dagang, Daftar nama Customer dan Saldo Awal Piutang Dagang, Daftar nama
Karyawan dan Saldo Persedian, Modul ini juga dilengkapi dengan bukti –bukti
transaksi yang dijadikan dasar untuk melaksanakan pencatatan atau pemasukan
data yang terdiri dari :
1.
Faktur
Pembelian, Bukti ini digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang.
2.
Faktur
Penjualan (yaitu tembusan faktur penjualan yang diterima oleh bagian akuntasi
sebagai dasar untuk mencatat transaksi Penjualan)
3.
Bukti
Kas masuk (nama lain dari bukti penerimaan kas)
4.
Bukti
Kas keluar (nama lain dari bukti pengeluaran kas)
5.
Bukti
Memorial
Jalan menuju sukses selalu dalam
pelaksanaan
Persiapan
Aplikasi Akuntasi dengan MYOB
☺
Persiapan aplikasi data akuntansi perusahaan, data Supplier dan Customer
beserta saldo awalnya, daftar saldo awal persediaan barang dan data saldo awal
akun-akun lain.
☺
Tentukan jenis perusahaan guna pembuatan data akuntansai perusahaan.
☺
Buat data akuntansi perusahaan dengan fasilitas MYOB.
☺
Buat data edit nomor, nama dan jumlah akun sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
☺
Susun akun yang saling terkait (Linked Accounts).
☺
Mencatat dan Item Barang yang diperdagangkan dan catat saldo awal persediaan
masing-masing Item Barang.
☺
Catat data Customer beserta saldo awal Piutang Dagang masing-masing Customer,
Data Supplier beserta saldo Hutang Dagang untuk masing-masing Supplier.
☺
Tentukan dan catat tariff pajak kedalam table pajak.
☺
Bila informasi yang diperlukan telah dicatat dengan benar buat data cadangan
(back up) data akuntansi tersebut.
☺
Catat transaksi perusahaan sesuai dengan fungsi mudul dalam MYOB.
☺
Lakukan proses tutup buku di akhir periode akuntansi. By : Risdiana
Sekilas tentang MYOB Accounting
MYOB
Accounting merupakan
Software Akuntansi terpadu berbasis Window dari MYOB Limited yang telah
dikembangkan di beberapa Negara dengan berbagai versi.
Software
tersebut sangat cocok diterapkan untuk kondisi bisnis di Indonesia pada skala perusahaan
kecil dan menengah. Sampai saat ini telah banyak perusahaan yang telah
mengimplementasikan program MYOB ini pada perusahaan mereka. MYOB Accounting
merupakan paket program computer untuk olah data Akuntasi yang dibuat secara
terpadu (Integrated Software). Program dibuat oleh MYOB Limited
Australia, selanjutnya software ini telah dipakai dan dikembangkan dibeberapa
Negara antara lain : Amerika, Kanada, dan Selandia Baru. MYOB Accounting
mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan software sejenis, diantaranya
:
Mudah digunakan (User Friendly).
Mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan yang mendalam
tentang computer.
Cocok untuk situasi dan kondisi bisnis di Indonesia.
Jumlah digit untuk pencatatan transaksi hingga ratusan milyar rupiah, angka
yang jarang dimiliki oleh software akuntansi kelas dunia.
Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat.
Terdiri dari 155 jenis laporan keuangan dibuat secara otomatis, meliputi :
Neraca Saldo, Neraca laporan Laba Rugi, laporan Pembelian dan Penjualan, Daftar
umur piutang, Jurnal transaksi, Persediaan barang dan sebagainya sesuai dengan
Strandar Akuntansi.
Dilengkapi dengan fasilitas untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layer
computer atau dicetak ke printer.
Dilengkapi dengan system Security berupa Password yang dapat ditentukan dalam
beberapa level.
Laporan keuangan dapat diaktifkan dengan Microsoft Excel dan Microsoft Word
tenpa melalui proses Export – Import.
Menyajikan Laporan keuangan Komparasi baik Neraca, laporan Laba Rugi maupun
penjualan dengan data histories bulan lalu atau tahun sebelumnya.
By
: Risdiana
ALUR AKUNTASI
Jurnal
Bukti
Transaksi
Posting
Buku
Besar
Neraca
Saldo
Jurnal
Penyesuaian
Laporan
Keuangan
Arus
Kas
Laba/Rugi
Neraca
Fungsi-Fungsi
Modul MYOB
Account
Fasilitas
ini digunakan untuk mengubah atau mencatat data awal perusahaan berupa nomor
akun beserta saldonya, mencatat transaksi proses jurnal dan sebagainya. By :
Risdiana
Account List
Melalui
Account dengan daftar Account default kita dapat mengganti nama, nomor dan
mengisi saldo akun.
Kelompok
Akun
Pada
MYOB pencatatan nomor akun dikelompokkan sebagai berikut.
Asset
(Aktiva) Diawali dengan No akun 1
Liability
(Hutang) Diawali dengan No akun 2
Equity
(Modal) Diawali dengan No akun 3
Income
(Pendapatan) Diawali dengan No akun 4
Cost
of Sales (HPP) Diawali dengan No akun 5
Expence
(Biaya) Diawali dengan No akun 6
Other
Income (Pendapatan Lain) Diawali dengan No akun 8
Other
Expence (Biaya-Biaya Lain) Diawali dengan No akun 9 By : Risdiana
Gambaran Skematis :
Aktiva
Lancar
1-1000
Aktiva
1-0000
Hutang
2-0000
Kas
& Bank
1-1100
Ekuitas
3-0000
Pendapatan
4-0000
BRI
1-11300
BCA
1-11400
Akun
HPP
5-0000
Biaya
6-0000
Pend
Lain
8-0000
Biaya
Lain
9-0000
Nomor
akun maksimal ditulis dalam 5 (lima) digit angka dan mempunyai struktur sampai
dengan 4 (empat) tingkat (Level) By : Risdiana
Akun juga dikelompokkan dalam 2
(dua) tipe-tipe yaitu :
Header
Merupakan
rekening induk yang masih memiliki sub-akun lagi dibawahnya.
Detail
Akun
tipe ini sudah tidak mempunyai sub-rekening lagi.
Akun
tipe Detai dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu : Detail dan Detail Cheque.
Pada akun tipe Detail Cheque inilah digunakan untuk mencatat penerimaan maupun
pengeluaran transaksi Piutang dan Hutang Dagang.
Hasil
dari Pengemlompokkan dapat dilihat pada table sebagai berikut :
Nama
AkunTipeLevel 1Level 2Level 3Level 4Aktiva√HeaderAktiva Lancar√HeaderKas &
Bank√HeaderKas Harian√Detai ChequeBCA√Detai ChequeBRI√Detai ChequeNomor Akun
Banking
♪
Menu Banking digunakan
untuk mencatat transaksi yang dilakukan dengan menggunakan cek atau kartu
kredit sehingga menyebabkan perubahan saldo pada rekening bank atau hutang.
Transaksi meliputi pengeluaran cek, Deposito rekonsiliasi catatan perusahaan
dan catatan Bank, electronic payment, jurnal transaksi dan cash flow By
: Risdiana
♪ Spend Money digunakan untuk menulis cek yang
dikeluarkan oleh perusahaan sehubungan dengan transaksi yang terjadi :
Sukses
tidak dating kepada anda, anda dating kepadanya
1.
Pembelian bahan habis pakai
2.
Pembayaran gaji karyawan
3.
Piutang (pinjaman karyawan)
4.
Pembelian dan aktiva
Sales
◘
Menu sales digunakan
untuk mencatat transaksi penjualan barang atau jasa, mencetak bukti
transaksinya, retur penjualan dan penerimaan yang berhubungan dengan penjualan
tersebut. Pada pemprosesan data dengan menu ini hamper sama dengan mengisi
faktur penjualan dalam praktek akuntansi secara manual.
◘
Enter Sales digunakan
untuk mencatat transaksi penjualan barang-barang atau jasa yaitu :
1.
Penerimaan pemesanan barang (PO) dari pelanggan
2.
Pengiriman barang atau penjualan kepada pelanggan baik secara tunai maupun
kredit
3.
Retur penjualan
4.
Penjualan jasa
◘
Receive Payments sales digunakan
untuk mencatat penerimaan dari pelanggan yang disebabkan transaksi penjualan
kredit atau uang muka untuk transaksi berikutnya
Retur
(Pengembalian) dari Pelanggan
Pada
transak Retur (pengembalian) barang yang telah dibeli oleh Customer (pelanggan)
dengan cara dari icon Sales di menu Enter Sales
Pada
ship diisi dengan angka negative sesuai dengan jumlah yang dikembalikan serta
nama barangnya pada Description, untuk Price dan total akan secara otomatis
akan terisi dengan tanda kurung. By : Risdiana
Retur (Pengembalian) ke Pemasok
Untuk
transaksi Retur (pengembalian) barang yang telah dibeli oleh perusahaan dari
Supplier (pemasok) yaitu melalui icon Purchases dan membuka menu Enter
Purchases.
Pada
Received di isi dengan angka negative sesuai dengan jumlah yang dikembalikan
serta nama barangnya pada Description, untuk Price dan total akan secara
otomatis akan terisi dengan tanda kurung.
Purchases
♠
Menu ini
digunakan untuk mencatat pemesanan (Purchase order), pembelian atau penerimaan,
pengembalian barang kepada Supplier dan mencetak bukti transaksi serta
pengeluaran yang berhubungan dengan pembelian barang atau bahan.
♠
Enter Purchase digunakan
untuk pencatatan transaksi pembelian barang yang tercantum dalam Inventory,
pencatatannya antara lain :
1.
Pemesanan Barang (PO) kepada Supplier
2.
Penerimaan barang atau pembelian barang daari Supplier baik secara tunai maupun
kredit.
3.
Retur pembelian
♠
Pay Bills digunakan
untuk mencatat pengeluaran kepada Supplier yang disebabkan transaksi pembelian
kredit atau uang muka untuk transaksi berikutnya
Inventory
Ω
Menu Inventory digunakan
untuk mencatat informasi yang berhubungan dengan barang yang diperdagangkan,
fungsi menu ini hamper sama dengan kartu persediaan pada akuntansi manual. By :
Risdiana
Ω Items List digunakan untuk mencatat barang
atau jasa yang diperdagangkan
meliputi
:
1.
Mencatat barang yang dibeli perusahaan dengan tujuan dijual kembali dan nilai
barang dicatat dalam persediaan.
2.
Mencatat pembelian dan penjualan tetapi barang tersebut tidak dicatat dalam
persediaan.
3.
Mencatat pembelian barang yang hanya digunakan untuk keperluan kantor.
4.
Mencatat barang hasil proses penggabungan.
5.
Mencatat barang berupa komponen untuk membuat suatu produk baru.
6.
Mencatat jenis jasa yang ditawarkan.
Ω
Count Inventory digunakan
untuk mencatat jumlah barang hasil perhitungan fisik (stok opname) yang akan
dibandingkan dengan catatan perhitungan computer.
Ω
Adjust Inventory digunakan
untuk mencatat penyesuaian persediaan apabila ada perbedaan antara perhitungan
fisik (stock opname dengan pencatatan computer, dapat juga digunakan untuk
pencatatan saldo awal barang.
Ω
Transfer Inventory digunakan
untuk menggabungkan beberapa jenis komponen menjadi satu unit barang baru.
Card
File
Menu
Card file berfungsi sebagai kartu yang digunakan untuk mencatat data atau
informasi Customer (pelanggan), Supplier (pemasok) dan karyawan (Employe) dan
data Personal yang meliputi nama, alamt dan data lainnya
Missal : Gaji, Kartu
Hutang, KartuPiutang.
MINTA IZIN COPAS
BalasHapus